Saturday, July 30, 2011

Tips Mengatur Lampu HIas Pada Taman Di Dalam Rumah


Keberadaan taman di dalam interior rumah Anda tentunya akan menjadi salah satu pusat perhatian serta obyek yang sangat menarik, terutama pada saat siang hari. Namun seringkali saat senja atau malam hari, keberadaannya menjadi kurang menarik. Bisa jadi karena kesalahan dalam pengaturan tata letak pencahayaan dan lampu hias.
Pengaturan pencahayaan baik saat siang hari maupun malam hari pada area ini bukanlah sesuatu yang bisa sembarang dilakukan. Perhitungkan secara mendetil dan berhati – hati harus Anda perhatikan, jangan sampai tanaman kekurangan cahaya matahari saat siang dan justru kepanasan saat malam terkena pencahayaan buatan.
Berikut ini ada beberapa langkah yang dapat Anda lakukan untuk mendapatkan pencahayaan maksimal pada area kebun di dalam tempat tinggal Anda ini :
1. Hal pertama yang harus Anda perhitungkan adalah jumlah intensitas sinar matahari pada tanaman Anda. Hal ini mutlak Anda perlukan supaya tanaman Anda tetap dapat tumbuh dan berkembang secara subur. Setelah informasi ini Anda miliki, barulah Anda dapat mulai memperhitungkan jumlah cahaya buatan yang diperlukan pada saat malam hari.
2. Menjaga suhu ruangan pada tingkatan yang stabil sehingga pertumbuhan tanaman dapat terpantau secara maksimal. Hal ini dapat Anda lakukan melalui penghitungan jumlah titik lampu hias yang akan dipasang serta besarnya daya masing – masing pencahayaan buatan.
3. Pasanglah timer (pengatur waktu otomatis) pada pencahayaan buatan yang Anda pasang, karena pada dasarnya semua tanaman juga tetap memerlukan waktu gelap sama seperti jumlah cahaya matahari yang dibutuhkannya. Waktu gelap adalah saat dimana bibit – bibit tanaman tumbuh dan berkembang, sehingga mutlak Anda memerlukan adanya timer untuk mengatur lamanya waktu pencahayaan buatan menyala.
4. Pertimbangkanlah untuk membeli lampu hias dengan warna putih, karena warna putih cenderung memiliki suhu yang lebih dingin dibanding warna lampu yang lainnya.
5. Jumlah ideal pencahayaan buatan yang biasanya diperlukan adalah 20 watt setiap meter persegi luasan area. Anda mungkin akan memerlukan adanya lampu neon sebagai pencahayan utama pada area kebun Anda ini.

6. Pilihlah tanaman  - tanaman tertentu yang paling menarik saja yang akan Anda berikan pencahayaan lampu hias. Selain mengurangi jumlah intensitas panas yang dihasilkan, adanya pengaturan tata letak titik pencahayaan ini juga akan membantu Anda menciptakan dekorasi yang lebih dramatis pada area ini di saat malam hari.
Dengan semua langkah pengaturan tata letak pencahayaan di atas, setidaknya usaha Anda untuk mendapatkan pencahayaan yang maksimal serta mendekorasi areataman di saat malam hari dapat tercapai. Anda dapat menikmati keindahan tanaman – tanaman kesayangan Anda sambil menghabiskan waktu bersama keluarga tercinta.

No comments:

Post a Comment