Saturday, July 9, 2011

LOTUS

Pernah dengar bunga lotus? Ya bunga lotus dengan nama latin Nelumbo nucifera merupakan jenis tanaman yang hidup dan tumbuh di air. Bunga ini juga sering disebut dengan bunga Seroja. Bunga lotus termasuk dalam famili Nymphaeaceae, dengan perbanyakan dengan cara rimpang dan biji.

Perbedaan Bunga Lotus dengan Bunga Teratai

Oh ya, bunga lotus tidak sama dengan bunga teratai lho… Karena seringkali orang menyamakan bunga ini dengan bunga teratai. Cara membedakannya adalah:
  • Daun teratai mengambang di permukaan air, sedangkan daun lotus menjulur ke atas.
  • Bunga teratai memiliki pusat bunga yang kecil, sedangkan bunga lotus memiliki pusat bunga yang besar.
  • Bunga teratai memiliki warna yang beragam, sedangkan bunga lotus hanya memiliki warna bunga putih atau merah muda.

Spesifikasi Bunga Lotus

Nah, setelah mengetahui perbedaannya antara bunga lotus dengan bunga teratai, berikut ini adalah penjelasan spesifik dari bunga lotus.
  • Daun lotus memiliki daun yang lebar dan berwarna hijau yang menjulang ke atas. Sedangkan bunganya memiliki kelopak besar, berwarna putih atau merah muda, dan memiliki ujung kelopak melancip.
  • Akar dari tanaman ini tumbuh menjalar di dalam media tanam.
  • Media tanam yang baik adalah tanah berlumpur dengan air setinggi 10-20 cm di atas permukaan tanah.
Kegunaan Dalam Desain Taman
Kegunaan bunga lotus dalam desain taman adalah sebagai decorative water plant jika ditanam secara massal. Mungkin bagi sobat yang sangat menyukai tanaman jenis ini dan memiliki luas lahan yang besar, maka sobat bisa membuatkan kolam yang besar dan di isi dengan bunga ini. Tapi jangan kuatir dengan sobat yang memiliki keterbatasan lahan. Bunga ini masih bisa ditanam di dalam pot atau kolam kecil seperti yang telah saya jelaskan di spesifikasi di atas.

No comments:

Post a Comment