Saturday, September 10, 2011

Taman Vertikal Menggunakan Batu Bata

Taman Vertikal Menggunakan Batu BataSalah satu konsep yang dibawa oleh arsitek Ir. Adi Purnomo atau Mamo dalam disain arsitektur untuk rumah di kawasan Cilandak ini adalah hunian yang ramah lingkungan. Dan untuk memenuhi kebutuhan itu, arsitek mendisain beberapa feature arsitektur, antara lain roof garden dan taman vertikal.


Ketika mulai mengerjakan rumah ini, kontraktor DBPro – DesignBuildPro (Ir. Stefanus Widyamurdani dan tim) belum mendapatkan gambaran yang cukup jelas mengenai konstruksi taman vertikal yang akan digunakan. untuk itu, kontraktor membuat beberapa contoh atau mockup, mulai dari material bambu dan kayu, bata merah, sampai mencetak sendiri susunan pot dari material semen dan pasir. Setelah melalui diskusi yang panjang, akhirnya dipilih material batu bata. Pertimbangannya, material ini mudah diperoleh, mudah pula dibentuk, tahan lama, serta jauh lebih ringan dibandingkan beton cetakan. Untuk itu kami menggunakan batu bata Kuo Shien dari Karawang. Kami pilih karena memiliki tekstur dan warna yang menarik, serta ukuran yang besar dan seragam.
Batu bata tersebut kemudian disusun dengan sudut kemiringan 45 derajat, dengan ukuran modul 20 cm, mengikuti ukuran panjang batu bata Kuo Shien. Ruang-ruang yang terbentuk di antaranya inilah yang akan diisi dengan media tanam dan ijuk, sebagai tempat tumbuhnya tanaman. di setiap ‘pot’ ini kemudian juga diberikan akses untuk pipa penyiraman air yang telah dicampur dengan pupuk cari di bak khusus yang kami buat di tempat lain. Pada bagian bawah dinding taman vertikal ini, juga dibuatkan saluran pembuangan air atau gutter. Buangan air ini akan didaur ulang kembali, namun sengaja dibuat terpisah dengan sistem daur ulang air hujan di rumah ini. Tidak lain karena air buangan taman vertikal ini telah mengandung pupuk dan pestisida yang tentunya berbahaya jika bercampur dengan penggunaan air lainnya.
Rumah di cilandak - Arsitek Adi Purnomo - Mamo (12)
taman vertikal batu bata yang kami buat di rumah Cilandak ini tidak hanya berada di lantai dasar. Tapi juga ada di lantai atas, yang dibuat di atas kolam reflektif dan di shower. Total sekitar 3.800 pot yang dibuat untuk taman vertikal rumah Cilandak. Taman vertikal ini menjadi salah satu hal yang menarik di rumah Cilandak ini. Bahkan seorang guru besar arsitektur yang tinggal di sebelah rumah ini juga meminta tolong untuk dibuatkan taman vertikal yang sama.

Incoming search terms:, taman dinding batu bata, taman di lantai atas, rangka kebun vertikal, rumah batu bata, taman rumah lantai atas, taman dari batu, rumah daur ulang, sistem pembuangan air kolam, saluran pembuangan air taman, sistem taman vertical

No comments:

Post a Comment