Thursday, August 11, 2011

Taman Bali


Salah satu gaya taman yang dapat menjadi pilihan adalah gaya taman Bali. Sisa lahan sedikit di pojok rumah anda dapat disulap menjadi taman Bali cantik yang dapat membawa suasana Bali di rumah anda. Anda dapat menikmati keindahan dan pesona Bali dari rumah anda.


Beberapa elemen yang perlu diperhatikan adalah:

Pemilihan tempat untuk Taman Bali
Area luar rumah yang dapat dilihat dari ruang tamu, bagian pintu masuk rumah, atau pavilion samping dapat menjadi pilihan untuk menciptakan taman Bali.

Tanaman Yang Sesuai untuk Taman Bali
Tanaman yang dipilih adalah tanaman gaya tropis seperti bamboo, palem, daun-daunan, Irish, Filodenron, Spatipilum, Adenium, Tricolor (mirip pohon kelapa), dll. Untuk membuat suasana teduh, dapat dipilih kamboja cendana atau kamboja jepun (adenium obesum). Kamboja ini adalah kamboja khas Bali. Tanaman lain yang dapat mendukung suasana pedesaan Bali adalah tanaman air tifa yang sekilas mirip tanaman padi.

Hiasan atau Ornamen Dekoratif untuk Taman Bali
Ornamen yang dapat dipakai untuk taman Bali antara lain patung dari batu misalkan berbagai patung gaya Bali a.l. patung Ganesha, patung Arjuna, dll, lampu taman dari batu , hiasan pintu atau gerbang, gentong yang bisa diisi dengan bunga lotus / teratai, payung upacara, furniture, ukiran di dinding taman, dll. Untuk taburan lantai taman dapat dipakai batu koral atau batu dekoratif lainnya agar tercipta harmoni dengan ornament patung. Batu candi dapat dipakai untuk menghubungkan teras dan taman.
Untuk orang Hindu pelinggih diletakkan di tempat yang paling baik. Pelinggih adalah tempat pemujaan bagi pemeluk Hindu. Untuk taman Bali ini, pelinggih boleh dipakai boleh tidak. Untuk memberi kesan alami, dipakai pagar semen aci tanpa cat.

No comments:

Post a Comment